Wednesday, January 22, 2014

Luka Bakar / Combustio

Luka bakar pada kaki
Seiring dengan laju pertumbuhan penduduk semakin cepat dan lebih berkonsentrasi terhadap satu tempat, ini merupakan suatu permasalahan yang kompleks. Salah satu usaha pemerinta saat ini adalah melakukan program Urbanisasi dari daerah yang penduduk yang lebih padat ke daerah yang masih jarang. dengan konsentrasi penduduk di satu tempat ini menimbulkan lingkungan yang padat yang mengacu pada berbagai jenis penyakit dan masalah lain yaitu kebakaran, ini dikarenakan pembangunan tempat tinggal yang berdempetan. Seorang tenagan Kesehatan, khususnya Keperawatan perlu memahami apa itu Luka Bakar atau Combustio dan cara menghitung luasnya luka bakar pada area tubuh. maka dari itu, kali ini kita akan membahas Definisi Luka Bakar (Combistio) dan Cara menghitung luas luka.

Definisi Luka Bakar atau Combustio

Luka bakar merupakan luka yang unik diantara bentuk-bentuk luka lainnya karena luka tersebut meliputi sejumlah besar jaringan mati (eskar) yang tetap berada pada tempatnya untuk jangka waktu yang lama. (Smeltzer, 2001 : 1911).


Luka adalah rusaknya struktur dan fungsi anatomis normal akibat proses patologis yang berasal dari internal maupun eksternal dan mengenai organ tertentu. (Lazarus, 1994 dalam Potter & Perry, 2006;1853).

Cara menghitung Luas luka bakar

Wallace membagi tubuh atas bagian 9% atau kelipatan 9 yang terkenal dengan nama rule of nine atau rule of wallace yaitu:
  1. Kepala dan leher : 9%
  2. Lengan masing-masing 9% : 18%
  3. Badan depan 18%, badan belakang 18% : 36%
  4. Tungkai masing-masing 18% : 36%
  5. Genetalia/perineum : 1%


rule of wallace

Penanganan pertama pada korban luka bakar 

  1. Basahi bagian tubuh yang tersiram air panas dengan air, gunakan air mengalir untuk meredakan rasa sakitnya sekaligus meredakan trauma pada kulit.
  2. Keringan bagian tubuh yang terkena luka bakar dengan handuk bersih dan yang permukaannya lembut, lalu balut dengan perban agar steril dari kuman.
  3. Oleskan lendir tanaman lidah buaya untuk meredakan rasa nyeri dan perih, jangan gunakan pasta gigi atau odol akrena dapat menimbulkan bekas dan justru memperparah kondisi luka bakar tersiram air panas.




0 comments:

Post a Comment